- Back to Home »
- NOUVO ELEGANCE
Posted by : Unknown
Selasa, 09 Desember 2014
Yamaha Nouvo Elegance 135,
andai saja dipasarkan disini.
Posted on 20 October 2011
Sebenarnya ini bukan
merupakan artikel sambungan yang membahas tentang Yamaha Nouvomaupun Nouvo Z seperti kemarin, lha wong
produknya aja tidak nongol disini. Tapi berhubung masih satu saudara maka tidak
ada salahnya dijadiin satu seri sama artikel Nouvo.
***
Tidak tahu kenapa ya? YMKI sebagai pemegang merek
tunggal produk Yamaha enggan memasukan motor yang satu ini? Iya,
setelah ditahun 2007 menyuntik mati Nouvo Z karena diaggap tidak memenuhi
ekspektasi pabrikan dalam hal penjualan, tapi tidak dengan pabrikan Yamaha di
Thailand sana. Setelah sukses dengan Nouvo MX nya kini pihak pabrikan melakukan
revisi total terhadap varian Nouvo. Dan maka ditahun 2008 lahirlah Nuovo Elegance 135.
Dengan dilakukannya revisi bukan berarti produk sebelumnya yakni Nouvo MX
(disini disebut Nouvo Z) lantas ikut disuntik mati seperti kepunyaannya YMKI.
Luar biasa memang motor ini dimasa kemunculan pertama
kalinya, bahkan bisa dikatakan sampai saat ini. Kenapa? karena segala teknologi
yang ada pada Yamaha MX 135 dijejalkan pada matik yang masuk kelevel premium
tersebut. Lihat saja…penggunaan radiator, pemakaian Diasil cylinder
atopun forge piston berkubikasi 132,5 cc (bore x stroke = 54 x
57,9 mm) merupakan teknologi turunan balap paten Yamaha yang diaplikasikan ke
skutik ini. Belum lagi roller rocker arm yang nyatanya nempel di MX
135 juga diturunkan disini, bisa diyakini dengan semua pengaplikasian teknologi
tersebut, efisiensi bahan bakar, mesin lebih bertenaga, serta awet merupakan
jawabannya.
Secara tampilan, Nouvo Elegance bisa dikatakan yang terbaik dijajaran produk matik Yamaha, menurut saya lho. Jadi yang selalu mengganjal diotak saya adalah kenapa pihak ATPM khususnya YMKI enggan menggelontorkan produk ini secara massal. Toh jika Elegance hadir dipastikan Skywave maupun Hayate tidak bakal melenggang sendiri dikelasnya, walopun secara apple to apple kedua matik tersebut tidak bisa diadu karena beda kasta.
Yang seharusnya bisa dicermati oleh pihak Yamaha
Indonesia, setelah Nouvo Z mati dan tidak diproduksi, nyatanya dibursa motor
second produk ini masih tetap banyak yang memburu dan bahkan juga harga jualnya
pun relatif stabil dijajaran produk matik bekas YMKI. Andai saja pihak pabrikan
sudi merilis motor ini, saya kira anggapan ‘Nouvo’ sebagai motor pelengkap
derita akan segera terobati. Apabila melihat produk matik Yamaha yang dianggap
itu aja-itu aja bagi banyak enthusiast roda dua tanah air, bisa saja Elegance
akan menjadi penyegar dan penawar derita buat keluarga Nouvo.